Kamis, 13 Juni 2013

JALUR LAMPU NOKIA 112


Kemarin Hujan Deras Sekali,Selang Beberapa Waktu Setelah Hujan Reda Datang Seorang Pasien Ke Bengkel Elan Dengan Membawa 2 Buah Hp Denagan Tipe NOKIA 112 Dan SONY ERICSSON Dalam Kondisi Basah Kuyup,Kondisi Hp Pun Tentunya Matot Karna Air Hujan,Kalo Elan Liat Dalam Keadaan Belum Di Bongkar Dari LCD Kedua Hp Tersebut Terlihat Jelas Sekali Genangan Air.
Mohon Maaf Jika Terlalu Terbelit-Belit Postingan Ini.
Tapi Jika Sobat Kiranya Sudi Membaca Cerita Yang Elan Alami Ini Mari Kita Lanjutkan Hehehehe...
Ceritanya Pasien Seorang Mandor Yang Sedang Memantau Pekerja Bangunan,Dalam Keadaan Hujan Pun Beliau Tetap Memantau Pekerja Yang Sedang Membangun Proyek Beberapa Ruko/Toko.
Dalam Keadaan Hujan Deras Beliau Menggunakan Jas Hujan Untuk Melindungi Beliau Dari Air Hujan.
Kesalahanya Adalah,Beliau Mengantongi Hp Pada Jas Hujanya,Bukan Pada Celana Yang Terlindung Jas Hujan Tersebut,Alhasil Air Pun Masuk Ke Kantong Jas Hujan Beliau.
Tak Terhindarkan Lagi,Hp Pun Tergenang Dalam Kantong Jas Hujan Berjam-Jam,Layaknya Sobat Lagi Betah-Betahnya Berendem Di Bak Mandi Hehehehe...
Karena Hari Mulai Gelap Dan Elan Sudah Capek Karna Seharian Bekerja Muter Otak Demi Sesuap Nasi,Elan Hanya Membongkar Kedua Hp Tersebut Untuk Di Keringkan.
Setelah Elan Bongkar Kedua Hp Tersebut,Elan Mendapati Mesin Kedua Hp Tersebut Sudah Berjamur Dan Dalam Keadaan Full Short.
Akhirnya Elan Putuskan Untuk Rawat Inap Dan Pasien Pun Bersedia Untuk Rawat Inap Hp Tersebut.
Tengah Malam Tadi Elan Susah Tidur,Akhirnya Memutuskan Untuk Melanjutkan Pekerjaan Yang Belum Terselesaikan.
Kembali Pada Permasalahan Ke 2 Hp Tersebut.
Tapi Kali Ini Elan Akan Mengupas Tentang Nokianya Saja.
Setelah Elah Keringkan Dan Elan Bersikan Menggunakan Sikat Dan Tiner,Short Yang Tadinya Full Kini Mulai Berkurang.
Dalam Keadaan Seperti Ini Elan Mulai Berpikir Dan Bekerja,Langkah Awal Yang Elan Kerjakan Adalah Membuang Kapasitor-Kapasitor Yang Korosi Akibat Air Hujan,Tentunya Yang Menuju Ke Sumber Tegangan Vbatt.
Alhasil,Short Pun Hilang...
Kemudian Elan Coba Nyalakan Dengan Mengalirkan Daya Menggunakan POWER SUPLAY.
Tp Apa Yang Terjadi,Kasus Masih Belum Terselesaikan,Elan Mendapati LAMPU LED TIDAK Memancarkan Cahaya,Keypad 1 , 4 , 7 , *  Tidak Berfungsi Sebagai Mana Mestinya,Dan Satu Lagi Kasusnya,Di Carger Tidak Ada Peringatan Sama Sekali,Lainya Normal.
Nah Kasus Yang Akan Elan Bahas Kali Ini Yaitu Untuk Jalur Lampunya Dulu.
Untuk Kasus Lain Dalam Hp Nokia Tipe 112 Pada Pos Berikutnya.
Cek Semua Jalur Yang Berhubungan Dengan Lampu,Mari Kita Simak Gambar Berikut.


Elan Mohon Maaf Jika Penempatan Jalur Pada LED LCD Kurang Tepat,Masalahnya Elan Buat Jalur Tersebut Berdasarkan Daya Ingat Saja,Di Karenakan Elan Tidak Sempat Membuat Jalurnya Pada Saat Hp Tersebut Di Kerjakan.
Sekarang Hp Dah Jadi NOTA Dan Sudah Di Ambil User,Jadi Ini Sebagai Referensi Saja,Sobat Tinggal Telusuri Saja Untuk Jalur Yang Lebih Akurat.
Demikian Saja Yang Dapat Elan Suguhkan Semoga Menjadikan Manfaat Buat Sobat.
Bila Ada Yang Ingin Di Sampaikan Atau Di Tanyakan,Silahkan Berkomentar Yah....


6 komentar:

  1. Woow terima kasih elancell jadi sedikit tahu tentang yang seperti ini. Padahal kalau saya hanya user saja, tidak paham akan perbaikan. Tetapi paling tidak, saya sekarang sudah tahu tempat service handphone yang bagus, itu semua karena elancell. Terima kasih yah.

    BalasHapus
  2. Bro, saya punya nokia 112, tapi di tombol navigasi, kalo ditekan, bunyi krek... krek... seperti suara kalo nginjek plastik, kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba karet keypadnya di bersihin dulu pake sikat bos,mungkin debu2 yg terselim dh tebel n mengeras...

      Hapus
  3. Bro,gue punya 112 yg kasusnya sama..layar tampil tapi lampu mati n lampu tombol juga.udah coba solusi dari mas bro.tp nihil bro,please jika bro ada solusi lain,,,mohon bantuannya bro!!!dtunggu ya!thanks.

    BalasHapus
  4. Coba Cek Jalur Vbatt Yang Menuju Ke Coil,Cek Juga Tegangan Dari Mosfet,ganti Coilnya...
    Jika Masih Padam,Ganti Mosfet Ambil Dari Bangkai Hp Yang Sama Atau Sejenisnya,Bisa Juga Pake Mosfet Dari Hp Samsung Champ 3303

    BalasHapus

Komentar Sobat Harus Dengan Kata - Kata Yg Baik Dan Sopan Yah...
Jika Elan Mendapati Komentar Yg Tidak Layak Di Baca Oleh Publik Elan Mohon Maaf Tidak Bisa Mempublikasikan Komen Sobat...